UMUM

Untuk melaksanakan misi-misi penting negara kita, Balitbang KP telah menyediakan para tenaga ahlinya serangkaian sumber daya berteknologi tinggi dari salah satu pemimpin terkemuka di bidangnya, Operator sistem satelit dan penyedia layanan antariksa dari Perancis, CLS (Collecte Localisation Satellites). CLS yang merupakan anak perusahaan Badan Antariksa Perancis (CNES) telah secara khusus mendesain fasilitas tersebut sebagai satu-satunya yang ada di dunia. Pusat pengelolaan dan prakiraan sumber daya laut kita kini bisa berbangga dengan adanya pengembangan algoritma dan teknologi informasi yang tercanggih saat ini. Pusat ini akan menerima data observasi bumi yang paling relevan dan akurat. Pusat INDESO juga menggunakan model pendahulunya untuk memprakirakan lautan dan memprediksi perubahan pada sumber daya laut agar mampu dikelola secara berkesinambungan. Tim dari Perancis dan Indonesia telah menghabiskan beberapa tahun untuk mengembangkan proyek ini hingga mampu berfungsi dan beroperasi dengan baik. Lebih dari 100 orang ilmuwan, insinyur, operator dan manajer proyek kini setiap harinya bekerja di sini. Misi dari sentra ini adalah memprediksi berbagai macam perubahan pada dalam sumber daya perikanan kita, melindunginya (terutama dari penangkapan ikan secara ilegal) dan juga mengembangkannya.

INFRASTRUKTUR

Fasilitas yang menaungi proyek INDESO ini merupakan satu-satunya yang ada di dunia dan memperoleh manfaat dari keberadaan pusat pemrosesan data satelit yang paling mutakhir.
Baca selengkapnya

OBSERVASI BUMI

Setiap harinya, data yang berasal lebih dari 25 satelit akan dikirimkan ke pusat INDESO.
Baca selengkapnya

PRAKIRAAN

Manajemen membutuhkan tinjauan ke masa depan (foresight). INDESO menggunakan berbagai model untuk memprakirakan kondisi lautan dan memprediksi perubahan-perubahan di dalam sumber daya laut.
Baca selengkapnya